UPAYA
MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI
MEDIA
GAMBAR ALAM SEKITAR PADA ANAK USIA ..................
DI
PAUD AL-IMAN TELAGASARI KARAWANG
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Penulisan Skripsi Guna Memenuhi Salah Satu
Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S.Pd.)
Pada
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
LOGO
Disusun oleh:
NAMA
: ........................................
NIM : .......................................
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA
DINI
............................................................
2013
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan kekuatan pada penulis dan tidak satupun
ungkapan yang bisa menggambarkan rasa syukur atas terselesainya skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Melalui Media Gambar Alam Sekitar pada Anak Usia 0-5
Tahun di PAUD Al-Iman Telagasari
Karawang” pada tahun ajaran
2012/2013 sebagai salah satu persyaratan
untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan UNIVERSITAS......................
Pada Kesempatan ini
ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulus tulusnya kepada yang terhormat
:
1.
Ketua Program Studi Pendidikan Anak Usia
Dini .................................. yang
selalu memberi motivasi dan dorongan kepada Mahasiswa.
2.
Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami dalam menyusun skripsi ini.
3.
Ucapan terimakasih juga disampaikan
kepada pihak-pihak lain yang tidak dapat disebut satu persatu, yang telah
banyak membantu menyelesaikan skripsi ini.
Disadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan,
maka harapan tegur sapa, kritik, dan saran-saran dari berbagai pihak sangat
diharapkan.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sesuai dengan Pasal 1 UU RI No. 20 Tahun 2003,
pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara (Depdiknas, 2007:2).
Pendidikan anak usia dini
(PAUD) adalah jenjang
pendidikan sebelum jenjang pendidikan
dasar yang merupakan
suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan
lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal,dan informal.(DirjenPaud,2011:5)
Pendidikan Usia Anak
Dini merupakan lembaga pendidikan pra-skolastik atau akademik. Itu artinya, Pendidikan
Usia Dini tidak mengemban tanggungjawab utama dalam membelajarkan keterampilan
membaca dan menulis. Subtansi pembinaan kemampuan skolastik atau akademik ini
haruslah menjadi tanggungjawab utama lembaga pendidikan dasar (Depdiknas,
2007:1).
Anak
usia dini memerlukan banyak sekali informasi untuk mengisi pengetahuannya agar
siap menjadi manusia sesungguhnya. Dalam hal ini membaca merupakan cara untuk
mendapatkan informasi karena pada saat membaca maka seluruh aspek kejiwaan
manusia terlibat dan ikut serta bergerak. Hasilnya, otak yang merupakan pusat
koordinasi pun bekerja keras menemukan hal-hal baru yang akan menjadi pengisi
memori otak sekaligus menjadi bekal pertumbuhan (Adi Susilo, 2011:13).
Pada dasarnya usia 0-5 tahun adalah masa kritis dalam kehidupan
seorang anak. Masa yang sangat
menentukan perkembanngan anak
selanjutnya karena masa ini adalah masa
keemasan bagi anak
dalam belajar, masa peka untuk
meletakkan dasar-dasar perkembangan seluruh
potensi anak harus dimulai
agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal.
Diantara kemampuan-kemampuan
anak yang harus dikembangkan
salah satunya adalah menumbuhkan minat baca pada anak dimana membaca
merupakan kecakapan fundamental anak
yang paling penting yang
akan selalu dipelajari.
Membaca merupakan kesuksesan disekolah, di dunia kerja dan dalam
kehidupan (Hainstock 2002:102)
Pernyataan tersebut menunjukan
bahwa tanpa latar belakang membaca yang baik, anak-anak akan mengalami
kesulitan dimasa yang akan datang dan kesuksesan mereka dipertaruhkan.
Kemampuan membaca memang menduduki
posisi serta peran yang sangat penting dalam konteks kehidupan umat manusia. Oleh karena itu
membaca dini perlu diberikan pada anak sebagai
salah satu usaha untuk menumbuhkan
minat baca dan kebiasaan membaca serta menanamkan cinta buku pada anak
Seorang anak yang berminat terhadap
membaca dapat terlihat dari
tindakan anak dalam melakukan aktivitas membaca.
Tindakan-tindakan tersebut misalnya
dengan mengunjungi tempat sumber bacaan.
Setiap anak memiliki minat baca yang berbeda-beda
tergantung dari kesempatan anak tersebut
untuk melakukan aktivitas membaca. Bila anak memiliki kesempatan membaca yang
sangat banyak, maka anak
akan memilki kesempatan yang sangat besar untuk memilih
bahan bacaan yang disenanginya. Setelah anak
menentukan bahan bacaan
yang disenanginya maka anak akan melakukan kegiatan membaca dengan
kesadaran sendiri tanpa harus dipaksakan.
Ada dua faktor yang mempengaruhi
minat membaca anak yaitu faktor dalam
diri anak yang meliputi usia, jenis kelamin, intelegensi, kemampuan membaca, sikap dan kebutuhan psikologi.
Sedangkan faktor yang ada diluar diri anak yang meliputi ketersediaan jumlah
buku-buku bacaan, jenis-jenis bukunya, status sosial ekonomi orang tua dan latar belakang etnis,
pengaruh orangtua, guru dan teman sebaya.
Untuk menumbuhkan minat
baca pada anak, guru dan
orangtua dalam pembelajarannya menggunakan beberapa media, salah
satunya dengan media gambar. Gambar merupakan alat visual
yang penting dan mudah
didapat sebab memberi penggambaran yang konkrit tentang masalah yang di
gambarkannya.
Gambar telah lama
digunakan sebagai media untuk
belajar dan mengajar serta dapat digunakan
dengan efektif dan mudah.
Gambar-gambar yang digunakan sebgai alat peraga dapat dikumpulkan dari
majalah-majalah, surat kabar, kalender, buletin atau media-media informasi lainnya serta dapat juga dibuat
oleh guru sendiri sebelum
kegiatan belajar mengajar. Gambar-gambar yang diambil dari mass media
(surat kabar, majalah, buletin) harus disesuaikan dengan tujuan dan bahan
pelajaran yang hendak diajarkan pada anak.
Sebagaimana yang dikemukakan
oleh Oemar Hamalik (1976:81-82)
bahwa nilai gambar dalam pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Gambar bersifat konkrit
2. Gambar mengatasi batas ruang dan waktu
3. Gambar mengatasi kekurangan daya mampu panca indera manusia
4. Gambar dapat digunakan untuk menjelaskan suatu masalah
5. Gambar mudah didapat dan dibuat
6. Gambar mudah digunakan baik untuk individu maupun untuk kelompok
Dalam penulisan ini
penulis memfokuskan pada
penggunaan media gambar alam sekitar
karena gambar alam sekitar merupakan
alat visual yang mudah didapat dan besar manfaatnya untuk merangsang anak
belajar membaca. Sulaeman dalam Kunaefi
menyatakan tentang
pengertian gambar Alam berikut: “Gambar merupakan salah
satu bentuk media gambar yang memiliki keindahan tertentu
yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian dan dapat
pula berbentuk suatu binatang.
Media gambar alam sekitar digunakan untuk membentuk fikiran yang
teratur”.
Secara teoritis pembelajaran membaca memang dapat dimulai sejak
anak usia prasekolah. Pada usia ini anak
sudah memiliki karakteristik
perkembangan bahasa yang memungkinkannya untuk diberi pelajaran membaca
oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk meneliti bagaiamana Upaya meningkatkan minat membaca
melalui media gambar alam sekitar pada anak usia 0-5 tahun di PAUD
Al-Iman Telagasari Karawang.
Keadaan yang
diteliti dalam lingkungan saat ini pada anak usia dini, pada
umumnya masih banyak yang belum mampu membaca kalimat dengan baik dikarenakan
kejenuhan anak untuk belajar membaca, sehingga sebagaian besar anak hanya bisa
mengeja atau menyebutkan huruf satu persatu. Tanpa mampu membaca kalimat
tersebut dengan lacar.
Kemampuan membaca anak
usia dini umumnya masih relatif kurang karena pedidikan usia dini merupakan
awal atau permulaan anak belajar
membaca. Anak usia dini umumnya enggan untuk membaca sesuatu yang bersifat
abstrak. Selain itu tuntutan orang tua yang menginginkan anak cepat bisa
membaca. Ditambah lagi tuntutan dari Sekolah Dasar yang mengadakan penerimaan
siswa dengan menggunakan tes baca tulis.
Guru memerlukan cara
untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh
guru adalah dengan menggunakan media yang dapat merangsang minat baca anak
didik dalam membaca. Media yang dapat digunakan salah satunya adalah media gambar
alam sekitar. Media gambar adalah media yang berupa gambar yang diserta dengan
kata-kata atau kalimat dibawahnya. Dengan adanya gambar alam semesta tersebut, maka anak didik akan
terangsang utuk mengetahui maksud gambar tersebut dan mencoba membaca kata-kata
atau kalimat yang ada.
1.2. Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak terlalu meluas, penulis merasa
perlu memberikan batasan. Untuk mempermudah didalam memahami skripsi ini,
penulis membatasi Upaya Meningkatkan Minat Membaca Melalui Media Gambar Alam Sekitar pada Anak Usia 0-5
Tahun di PAUD Al-Iman Telagasari
Karawang.
1.3.
Perumusan Masalah
1.3.
Perumusan Masalah
Dari uraian diatas, yang menjadi rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya meningkatkan minat membaca melalui
media gambar alam sekitar pada anak PAUD Al-Iman Kecamatan Telagasari
Kabupaten Karawang.
1.4.
Tujuan Penelitian.
Dan Tujuan penelitian ini adalah sesuai dengan
perumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. .......................penggunaan media untuk
meningkatkan minat belajar membaca pada anak PAUD Al-Iman Kecamatan
Telagasari Kabupaten Karawang
2. .......................................
1.5 Manfaat
Penelitian
NGGAK LENGKAP MIN BLOG NYA
BalasHapus