Jumat, 03 Mei 2013

UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI NYANYIAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-IKHLAS DS. KEDAWUNG KEC. LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG



KATA PENGANTAR


 

Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk skripsi ini yang berjudul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Nyanyian Pada Anak Usia 4-5 di PAUD Al-Ikhlas Desa Kedawung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
 Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu eksis membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini.
Penyusunan skripsi ini adalah merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana  pada Program Studi  Pendidikan Anak Usia Dini di STKIP Pancasakti Bekasi .
Dalam penulisan skripsi ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada hingganya kepada :
1.         Yth ,  selaku Ketua Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )
2.         Yth.  selaku Wakil Ketua Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 
3............................
4.............................
Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada sahabat – sahabat saya yang tidak dapat disebutkan satu persatunya baik di rumah maupun di kampus Program Jurusan PAUD di STKIP Panca Sakti Bekasi ini yang senantiasa menghibur serta memberikan semangat dalam menyelesaikan skripsi.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, maka saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan selanjutnya
Akhirnya hanya kepada Allah SWT kita kembalikan semua urusan dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya, semoga Allah SWT meridhoi dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, amin
Wassalamualaikum Wr. Wb.




ABSTRAK

UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI NYANYIAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DI PAUD  AL-IKHLAS DS. KEDAWUNG  KEC. LEMAHABANG
KABUPATEN KARAWANG


NAMA, NIM, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Bekasi, 2013.


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menyimak pada anak PAUD Al-Ikhlas desa Kedawung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Pada kenyataannya baru 27 % dari 22 anak yang mampu dalam kemampuan menyimak. Pada penelitian ini peneliti berupaya untuk  menggunakan metode bernyanyi  untuk meningkatkan keterampilan  menyimak pada anak usia 4-5 tahun. Pengertian menyimak adalah kegiatan mendengarkan secara aktif dan kreatif untuk memperoleh informasi, menangkap isi cerita atau pesan serta memahami makna komunikasi yang disampaikan secara lisan. Sedangkan pengertian Bernyanyi  bernyanyi merupakan suatu aktivitas untuk mengekspresikan rasa yang ada dalam diri manusia melalui nada dan kata-kata. Menggunakan metode bernyanyi  bertujuan untuk menambah perbendaharaan kata baru melalui syair lagu/ nyanyian dan sekaligus  memahami isi  dan makna nyanyian sehingga anak mampu menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menyimak melalui nyanyian pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Ikhlas Desa Kedawung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Peneliti menggunakan obyek penelitian adalah anak PAUD Al-Ikhlas Desa Kedawung dengan jumlah 22 anak. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentans. Tekhnik analisis data menggunakan empat langkah dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan ketrampilan menyimak  melalui nyanyian yakni dari studi awal hanya 6 anak atau 27% dari 22 siswa, pada siklus I siswa yang mampu dan paham mencapai 45% atau 10 anak, jadi prestasi siswa dari studi awal ke siklus I bertambah 4 anak atau 17% dan peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa dengan keterampilan menyimak yang baik terlihat pada siklus II yaitu mencapai 82% atau 18 anak dari 22 siswa. Kesimpulan penelitian bahwa upaya meningkatkan ketrampilan menyimak pada anak melalui nyanyian di PAUD Kedawung Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang pada tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci : kemampuan menyimak, metode nyanyian.


Selengkapnya......silakan hub...: 085797377551
Email : gufron.gauf@yahoo.com

1 komentar:

  1. punya contoh skripsi yang berjudul 'upaya meningkatkan motorik halus anak melalui bermain tanah liat' kalo punya bisa konfirmasi di yopinugraha12@gmail.com / 087773497446

    BalasHapus